Wood Decking atau Ceramic Decking untuk Kolam Renang? Berikut Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui!

By On Monday, June 19th, 2017 Categories : Gaya Hidup

Salah satu bagian rumah yang juga perlu perhatian lebih saat proses konstruksi selain bangunan utama adalah area kolam renang. Dengan fungsi utamanya sebagai sarana bersantai dan bermain keluarga, kolam renang tentulah harus didesain dan direncanakan sedemikian rupa dalam proses konstruksinya agar dapat meminimalkan resiko bahaya yang dapat terjadi di salah satu area berair di rumah Anda ini. Tentu Anda tidak ingin kolam renang yang seharusnya menjadi tempat menikmati waktu-waktu bahagia bersama anak-anak, keluarga, atau teman-teman dekat membawa petaka karena tidak amannya material yang Anda gunakan untuk membangun kolam renang.

Berbicara mengenai kolam renang, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah perencanaan decking yang tepat. Dalam dunia konstruksi dan arsitektur, yang dimaksud oleh decking adalah permukaan datar yang berfungsi untuk menopang berat, mirip dengan lantai, namun decking biasanya dikonstruksi di luar ruangan. Istilah decking sendiri digeneralisasi dari konsep dek yang ditemukan pada konstruksi kapal laut.

Untuk dapat memberikan kenyamanan sekaligus kenyamanan di kolam renang, decking kolam renang haruslah memenuhi beberapa kriteria keselamatan selah satunya adalah memiliki permukaan yang kasat sehingga tidak akan terasa licin ketika dipijak. Ada dua jenis decking kolam renang yang kini banyak diminati oleh masyarakat ramai, yaitu ceramic decking dan wood decking. Di antara keduanya, yang mana sih yang dirasa lebih baik untuk Anda pilih sebagai material penyusun decking kolam renang di rumah Anda? Berikut akan dibahas beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis decking kolam renang untuk Anda pertimbangkan sebelum memilih jenis decking apa yang paling tepat.

Yang dimaksud ceramic decking adalah gaya pelantaian kolam renang dengan menggunakan material batu keramik, umumnya berjenis batu andesit dengan finish yang dilapisi cat anti lumut. Seperti tergambar dari namanya, wood decking adalah jenis decking yang menggunakan material kayu. Untuk wood decking, material kayu yang paling umum digunakan adalah jenis kayu ulin atau kayu bengkirai karena karakteristiknya yang kuat dan tahan terhadap air dan panas. Di samping kuat dan tahan terhadap air dan panas, kedua jenis kayu ini juga banyak diminati karena tekturnya yang indah sehingga dapat menambah estetika kolam renang. Di sisi lain, jenis lantai decking keramik juga hadir dalam berbagai motif menarik yang bisa Anda pilih.

Dari segi perawatan, sebenarnya jenis wood decking lebih memiliki keunggulan. Pasalnya, jenis keramik untuk lantai decking lebih memerlukan perawatan teratur. Biasanya, lantai harus disikat setiap hari atau setidaknya dua kali dalam seminggu. Jika lantai decking keramik tidak rajin-rajin dibersihkan, maka lumut akan lebih cepat tumbuh dan hal ini akan membuat permukaan lantai terasa lebih licin ketika diinjak.

Dari segi kenyamanan, jenis decking kayu juga bisa dibilang lebih sedikit mengungguli jenis decking keramik. Keramik lebih cenderung lama untuk menyimpan panas sehingga dalam keadaan panas terik di siang hari, maka lantai akan terasa sangat panas. Lain halnya dengan jenis wood decking, bahan kayu yang digunakan sebagai material penyusun lantai dinilai lebih mudah menyerap panas sehingga pada kondisi terik pun lantai akan hanya terasa hangat.

Namun dari segi harga, jenis ceramic decking lah yang ternyata lebih ramah di kantong Anda. Bahan kayu yang dipilih untuk decking kolam renang adalah jenis kayu yang  berkualitas tinggi dan sulit didapatkan sehingga harga jualnya akan lebih tinggi dari jenis lantai keramik yang mudah didapatkan di mana saja. Ditambah lagi dengan proses pemasangannya, jenis decking kayu memiliki tingkat kesulitan dalam pengaplikasian yang lebih tinggi sehingga dibutuhkan tenaga profesional yang sudah berpengalaman khusus dalam pemasangan lantai kayu, sementara pada jenis decking lantai, hampir semua penyedia jasa pembuatan kolam renang akan mampu untuk mengerjakannya dengan maksimal. Hal inilah yang membuat Anda harus merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk menggunakan jenis decking kayu untuk kolam renang Anda.

Nah, setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan jenis decking keramik dan kayu, kira-kira Anda lebih tertarik untuk menggunakan jenis decking yang mana?

Wood Decking atau Ceramic Decking untuk Kolam Renang? Berikut Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui! | Kaya Sugih | 4.5